Oleh: abimanyu182 | Januari 18, 2008

SUPORTER ERA BARU


SUPORTER ERA BARU
(ERA BARU YANG DI CIPTAKAN SUPORTER)

ERA SUPORTER KREATIF(dalam lapangan)
Suporter dalam arti harfiah adalah pendukung. Entah dalam hal apa pendukung adalah suporter. Akan tetapi saat ini suporter hampir hanya diidentikan untuk sepakbola saja. Sebuah tim tanpa suporter ibarat sebuah sayur tanpa garam. Sebaliknya suporter tanpa adanya tim yang didukung ibarat benih yang tidak ada ladang nya. Saat dahulu mungkin suporter adalah pendukung yang datang kelapangan lalau menonton dan pulang. Cukup itu saja. Akhir tahun 1998 ketika solo(waktu itu pelita solo) bertemu dengan arema hampir seluruh stadion manahan terisi penuh oleh warna biru. Walaupun lebih banyak pasoepati ( kala itu belum punya nama pasoepati ) tapi kekompakan arema lebih terasa. Dan kami hanya bisa meneriakkan “bis e diobong (bis nya dibakar). Pengalaman adalah guru yang besar, dan arema adalah guru bagi pasoepati. Dan ketika paruh kedua kompetisi pembelajaran itu di buktikan dengan tour “FROM SOLO WITH LOVE” ke malang dan surabaya. Dan pasoepati tercatat sebagai kelompok suporter yang berani melakukan tour ke gelora 10 November dengan banyak orang. (kami tidak pernah mengklaim pasoepati adalah cikal bakal suporter kreatuf. Akan tetapi setidaknya pasoepati ikut serta dalam proses pembentukan itu.)

ERA SUPORTER KREATIF (dalam dunia media)
Tahun 2000 terbentuk lah sebuah kelompok suporter dengan nama ASSI. Dan mulai tahun itu komunitas suporter sudah merambah lewat dunia internet. Baik lewat situs maupun millis. Perkembangan jumlah suporter cyber (demikian penulis menyebut) makin bertambah pesat ketika tahun 2005 hingga terbentuk nya cornell (comunnity relationship netter Liga Indonesia) selepas piala asia gaung cornnel mulai redup. Tapi komunitas komunitas suporter pribadi tetap berapresiasi lewat blog maupun situs pribadi mereka. Dalam hal ini jakmania.org adalah salah satu yang masih aktif sedangkan ligaindonesia.com adalah web forum yag masih ramai dikunjungi.)

ERA SUPORTER KREATIF (dalam dunia pertunjukan)
Ada sebuah era baru yang muncul dari suporter. Yaitu film dokumneter. Bogalakon pictures (andi bachtiar yusuf DKK) sudah membuat 2 film tentang suporter ini.
1.film tentang jakmania yang sudah dirilis di blizt megaplex dan ikut Jiffest. Menceritakan tentang betapa heroik nya jakmania dalam mendukung persija.

2.The conductor tenatang sebuah pemimpin sebuah ‘orchestra” antara lain adie MS, AG Sudibyo dan yang terakhir yuli soempil. Nama terakhir adalah dirigen dari aremania.. ilm ini sudah masuk jiffest pada 9 desember tahun kemarin dan akan rilis di Blizt megaplex 23 januari ini.
Lalu setelah the jak dan yuli soempil dengan arema apa lagi. Kalau sebelum nya arum anak UNS sempat membuat film dokumenter tentang pasoepati “OJO WEDI DADI ABANG” tidak menutup kemungkinan akan ada film – film yang berkaitan dengan suporter atau bahkan memang sudah ada tapi belum di publikasikan seperti 2 dilm tersebut diatas.

Kemungkinan yang akan muncul adalah suporter akan meruntuhkan kediktatoran penguasa dalam hal ini PSSI. Sering terdengar wacana dari para suporter tentang pengunduran ketua umum PSSI NH. Kekecewaan terhadap PSSI semakin memuncak. Dan mungkin nanti suatu saat kekecewaan yag seperti gunung es itu akan menggerus keengganan NH untuk mundur. Sudah saat nya suporter bergerak. Mewujudkan indonesia yang disegani dalam hal sepakbola. Kalau nawak –nawak aremania yang selama ini dikenal dengan pelopor suporter terbaik membuat ulah di kediri jangan salahkan mereka. Itu bukti ketidak becusan PSSI dalam menangani liga ini. Wajar jika kera – kera ngalam memuntahkan kekecewaannya dengan “memindahkan” penyelengaraan 8 besar dari kediri ke sidoharjo. Akan tetapi bagaimanapun kekerasan bukan jalan yang baik yang harus ditempuh. Tapi kalau memang harus dengan itu untuk menggulingkan NH kami akan bergerak.

Revolusi suporter ada didepan mata. Bagaimana kita menanggapinya.

Arista budiyono.
Humas pasoepati jabodetabek
Dan pengelola http://www.pasoepati.co.cc


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: